Samsung Galaxy A71: Smartphone Kelas Menengah Samsung Terbaik

Samsung Galaxy A71: Smartphone Kelas Menengah Samsung Terbaik Hingga Saat Ini – Seri Galaxy A dimaksudkan untuk memenuhi pasar kelas menengah. Namun, pada 2019, Samsung memperluas seri untuk mencakup pasar anggaran, menghasilkan smartphone seperti Galaxy A10 dan A20.

Strategi Samsung telah disederhanakan, dan seri Galaxy A sekarang melayani konsumen kelas menengah dan terjangkau.

Galaxy A70 adalah salah satu ponsel Android murah terbaik yang keluar dari jajaran Galaxy A. Itu adalah ponsel Samsung pertama yang menyertakan pengisian kabel 25W dan fitur solid, termasuk prosesor Snapdragon 675.

Galaxy A71 meningkatkan formula itu dengan perubahan pada kamera dan chipset dan desain baru yang segar dengan potongan yang lebih kecil.

Samsung belum membuat banyak perubahan di sini, tetapi peningkatan membuat Galaxy A71 menjadi pilihan kelas menengah yang menarik.

Harga Samsung A71

Galaxy A71 tersedia dalam dua versi: model khusus 4G dan versi 5G. Varian 4G ditenagai oleh Snapdragon 730 dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB dan harga 4 Jutaan  Di Indonesia.

Sementara itu, tergantung di mana Anda membeli ponsel, Snapdragon 765G atau Exynos 980 mendukung model 5G, yang berharga $560 di Amerika Serikat untuk model dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB atau sekita 6 jutaan di indonesia.

Tampilan dan Desain

Pada tahun 2019 Samsung memperkenalkan desain gradien warna-warni di seluruh seri Galaxy A, dan pada tahun 2020, Samsung membuat beberapa perubahan pada desain.

Sekarang ada pola silang di bawah bagian belakang yang muncul saat cahaya memantul dari permukaan ponsel, dan itu dibagi menjadi empat kuadran. Efek keseluruhannya cukup dramatis, dengan setiap kuadran memiliki rona yang sedikit berbeda.

Tentu saja, bagian belakang ponsel masih polikarbonat, tetapi tidak segera terlihat. Desain gradasinya, dipadukan dengan lapisan glossy, memberikan tampilan dan nuansa kaca pada bagian belakang, namun tidak terlalu berat karena terbuat dari plastik.

Baca Juga:   Sengaja Tidak Bayar Tagihan Wifi Apakah Bisa Putus Otomatis?

Meski memiliki baterai 4500mAh dan layar 6,7 inci, berat Galaxy A71 hanya 179g. Ada juga fakta bahwa bagian belakang ponsel terbuat dari polikarbonat, yang membuatnya sedikit lebih kokoh.

Perumahan kamera persegi panjang adalah pembaruan desain lain di bagian belakang. Samsung berpegang teguh pada filosofi desain yang konsisten di bidang ini, seperti yang terlihat pada portofolio perusahaan lainnya termasuk Galaxy A51 dan Galaxy S10 Lite, menggunakan rumah kamera yang sama dengan seri Galaxy S20.

Galaxy A71 menyertakan lubang-lubang untuk kamera depan, serta bezel ultra-tipis di bagian depan. Takiknya besar, tetapi tidak terlalu mengganggu, dan Anda mendapatkan pemindai sidik jari di layar, sama seperti ponsel lain yang ada di pasaran saat ini.

Port analog masih ada di Galaxy A71, meskipun Samsung mengabaikan jack 3.5mm pada flagships-nya. Tombol daya dan volume ada di sisi kanan ponsel, dan tidak terlalu jauh di samping, sehingga mudah dijangkau. Di sisi lain port pengisian USB-C, ada satu speaker di bagian bawah.

Berbicara tentang desain Galaxy A71, ada banyak hal yang bisa dikagumi. Polikarbonat tidak menghilangkan warna cemerlang atau nuansa tangan yang fantastis, dan kesesuaian dan penyelesaiannya sejalan dengan yang terbaik dari Samsung.

Layar Super AMOLED 6,7 inci FHD+ (2400 x 1080) mendominasi bagian depan Galaxy A71. Panel itu sendiri hampir identik dengan A70, yang tidak selalu berarti buruk.

Anda menikmati layar dengan warna yang kaya, visibilitas sinar matahari yang baik, dan sudut pandang yang baik. Seperti A70, panel ini dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass 3.

Lengkungan Galaxy A71 yang mengalir di bagian belakang, dipasangkan dengan bezel tipis, membuatnya mudah dipegang, dan Anda bahkan tidak menyadari bahwa Anda sedang memegang ponsel dengan layar 6,7 inci.

Baca Juga:   Download dan Install Kamera Google Pixel 3 Terbaru | Night Sight

Layar Galaxy A71 menawarkan warna yang fantastis, dan Anda dapat mengubah keseimbangan warna dalam pengaturan telepon dengan beralih ke mode Vivid.

Anda mendapatkan banyak penyesuaian di sekitar font dan skala teks, seperti setiap ponsel Samsung lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Perekaman Layar Terbaik Tahun 2022

Layar Galaxy A71, seperti gaya desainnya, bertahan dengan baik – ini adalah salah satu layar terbaik di kategori kelas menengah. Tentu, itu tidak memiliki kecepatan refresh yang cepat, tetapi kualitas panel mengimbanginya.

Perangkat Keras dan Baterai

Chipset Snapdragon 675 menjadi salah satu fitur yang membedakan Galaxy A70 dari pesaingnya di tahun 2019. Snapdragon 730 memperkuat internal Galaxy A71 yang telah diperbarui.

Snapdragon 730, dirilis lebih dari dua tahun lalu, memiliki dua core Cortex A76 dengan clock 2.20GHz dan enam core Cortex A55 yang hemat energi dengan clock 1.8GHz. Ini juga dilengkapi GPU Adreno 618, Hexagon 688 DSP, dan proses manufaktur 8nm.

Node Galaxy A71 yang berkurang menjadi 8nm memberikan daya tahan baterai dan kinerja yang lebih baik daripada pendahulunya, terutama saat bermain game.

Galaxy A71 hadir standar dengan RAM 6GB dan penyimpanan UFS 2.1 128GB, tetapi ada juga model RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Kartu MicroSD disertakan, yang dapat menampung data hingga 1TB, dan model di seluruh dunia terdiri dari baki SIM ganda terpisah di samping slot MicroSD.

Daya tahan baterai Galaxy A71 adalah fitur yang luar biasa. Baterai ponsel 4500mAh dengan mudah menyediakan penggunaan lebih dari satu hari.

Saat Anda perlu mengisi daya ponsel, ia mendukung pengisian cepat 25W dan dilengkapi dengan pengisi daya 25W. Hanya dalam 30 menit, Anda akan terisi hingga 50%, dan pengisian penuh akan memakan waktu lebih dari 80 menit.

Galaxy A71 tidak memiliki pengisian nirkabel dan tahan air, tetapi ini adalah ponsel sehari-hari yang sangat baik.

Baca Juga:   Aplikasi Convert Video ke Mp3 Terbaik Tahun 2022

Samsung A71: Kamera

Lensa utama 64MP dilengkapi dengan lensa sudut lebar 12MP, lensa makro 5MP, dan lensa potret 5MP pada Galaxy A71. Tata letak lensa identik dengan Galaxy A51 kecuali untuk kamera 64MP.

Secara default, kamera 64MP menggunakan pixel binning untuk menghasilkan gambar 16MP, dan ada kamera depan 32MP untuk selfie.

Gambar yang diambil di siang hari memberikan banyak detail dan memiliki banyak rentang dinamis dan kekayaan warna. Ada sangat sedikit noise, sorotan tidak meledak, dan HDR otomatis melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menghadirkan detail dalam foto.

Kamera sudut lebar 12MP juga melakukan pekerjaan yang fantastis, menangkap gambar dengan detail yang baik dan, yang lebih penting, warna yang akurat. Dalam mode Fokus Langsung, A71 menghasilkan foto potret yang sangat baik.

Seperti yang Anda duga, Galaxy A71 berkinerja buruk dalam situasi cahaya redup. A71 menghasilkan gambar yang layak, tetapi ketika Anda melihatnya di monitor, Anda akan melihat banyak noise.

Haruskah Anda Membelinya?

Dengan A71, Samsung tidak melakukan banyak modifikasi, tetapi tidak perlu. Galaxy A70 masih merupakan ponsel yang hebat, dan Samsung menawarkan diferensiasi yang cukup untuk Galaxy A71 pada tahun 2020 dengan meningkatkan perangkat keras internal dan menambahkan kamera 64MP.

Secara keseluruhan, Galaxy A71 memberikan nilai yang sangat baik untuk harga yang Anda bayar untuk itu. Snapdragon 730 adalah chipset kelas menengah yang kuat yang akan memberikan kinerja bebas lag selama beberapa tahun, dan desainnya harus melakukan hal yang sama.

Anda juga mendapatkan banyak masa pakai baterai dengan pengisian cepat 25W, One UI 2.0 dengan Android 10, dan tiga pembaruan platform yang terjamin, dan kamera 64MP juga tidak buruk.

Jika Anda ingin membeli Samsung A71 di Indonesia, lihat koleksi ponsel Samsung kami dan pilih yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Leave a Comment